In Serba-Serbi

Lebaran yang Berbeda dari Tahun Sebelumnya :)

Lebaran Yang Berbeda
24 Mei 2020 adalah momen kemenangan Agama islam yang disebut Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Namun, di lebaran tahun ini sangatlah berbeda jauh dengan lebaran sebelumnya. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 yang kian meningkat di Negara tercinta Indonesiaku.

Tulisan ini dibuat tepat pada hari kemenangan, yang mana seharusnya menjadi momen terbaik untuk berkumpulnya keluarga besar untuk bersilaturahmi.

Akan tetapi, semua berbanding terbalik dan terasa berbeda! Beberapa hal berikut yang saya rasakan di lebaran tahun ini.

Tidak Bisa Berkumpul dengan Keluarga Besar

Tidak seperti biasanya! Jika Lebaran sebelumnyahari mendekati lebaran (biasanya H-3), saya sudah menuju ke rumah nenek yang berada di kota Nganjuk untuk menyambut momen Indah ini, dan mempersiapkannya.

Namun, tidak untuk tahun ini. Saya dan keluarga harus mematuhi peraturan Pemerintah tepatnya kota Kediri untuk tetap dirumah dan menutup pintu rumah hingga tanggal 26 Mei 2020. Mungkin memang benar, karena hal ini ditujukan untuk memutus rantai covid 19 yang semakin hari semakin meningkat.

Sholat Idul Fitri Dirumah

Tepat jam 6 pagi, lebaran sebelumnya saya bersama keluarga besar pergi di masjid untuk melakukan sholat idul fitri berjamaah bersama orang-orang sekitar kampung nenek. Setelah sholat idul fitri, bersalaman dan saling memaafkan satu sama lain.

Namun untuk tahun ini tidak. Yang ada, hanya sholat berjamaah dengan keluarga saja, dan tidak semeriak tahun sebelumnya. Memang, hal itu sebenarnya bukan menjadi masalah, tapi gatau kenapa beda aja.

Bermaaf-maafan Secara ONLINE

Hal ini yang sangat saya rasakan di lebaran tahun ini. Berhubung pandemi covid 19 tidak kunjung usai, saya hanya bisa bermaaf-maafan bersama keluarga melalui salah satu aplikasi chat (Whatsapp).

Tentunya saya tidak terbiasa dengan hal ini, karena biasanya setelah sholat idul fitri, keluarga besar ngumpul di ruang tamu rumah nenek untuk bermaaf-maafan.

Ntah sampai kapan Pandemi Covid-19 ini berlangsung. Tentunya, kita harus berdoa menurut kepercayaan, dan menaat peraturan dari pemerintah.

Cepat sembuh Tanah Air Indonesiaku, doa terbaik untukmu. Lebaran Tahun 2020 yang Berbeda.

Related Articles

0 Comments:

Posting Komentar